Senin, 19 Januari 2009

Ayam Kalasan Bu Sastro

Jogja juga punya kekhasan ayam goreng, yaitu Ayam Kalasan.

Rasanya yang gurih dan asin ini membuat Ayam Kalasan sangat cocok buat Anda yang menyukai masakan asin. Ciri khas Ayam Kalasan sangat mudah dilihat, yaitu ada kremesan pada ayamnya, yaitu semacam taburan tepung goreng yang renyah. Kremesan ini memberikan tambahan rasa gurih. Kenikmatan ayam goreng yang Anda santap akan semakin mantap dengan gurih dan asinnya kremesan ini. Walaupun tampak biasa saja, namun Anda pasti akan berkata lain setelah Anda mencobanya.


Untuk menjadikannya oleh-oleh baik untuk keluarga, tetangga maupun rekan kerja Anda, Ayam Kalasan merupakan pilihan yang pas. Jika tertarik, Anda dapat membelinya di sebuah industri rumahan di kecamatan Kalasan, tepatnya dusun Kalibening. Daerah ini terletak kurang lebih 14 km dari kota Jogja menuju kota Solo. Menurut cerita, dari kecamatan inilah asal usul Ayam Kalasan, sesuai dengan namanya, bukan? Pencipta model masakan ini terkenal dengan nama Mbok Berek. Karenanya, jangan terkejut jika anda menemui banyak restoran khusus Ayam Kalasan di sepanjang jalan Solo dengan nama ‘Mbok Berek’.


Tempat ini tidak begitu populer di Jogja karena memang si pemilik, Bu Sastro, sehari-harinya hanya memasarkan dagangannya di sebuah pasar di Muntilan. Namun jangan salah, pelanggan setia yang memesan ke rumah sudah banyak padahal stok yang disimpannya pun terbatas. Anda harus memesan terlebih dahulu jika ingin membelinya. Anda dapat menelepon sehari sebelumnya ke (0274)497096. Bu Sastro ini juga tidak membuka toko tetapi karena rumahnya terletak di pinggir jalan dan tepat di sebelah barat Selokan Mataram, tidak akan sulit bagi Anda untuk mencarinya.


Hal yang sedikit menyulitkan adalah Anda harus mengambil pesanan ini sendiri, karena sampai sekarang Bu Sastro tidak memberikan jasa layanan antar. Namun selama perjalanan ke rumahnya, Anda dapat sekaligus menikmati megahnya candi Kalasan atau berwisata ke Prambanan. Nah, buat anda yang mengendarai mobil atau mungkin motor, tidak akan sulit untuk berkunjung ke kecamatan Kalasan. Anda tinggal mengarahkan mobil anda kearah kota Solo hingga 14 km dan menemukan Selokan Mataram. Jika Anda masih kebingungan, tanyalah kepada orang sekitar di mana letak rumah Bu Sastro Kalasan. Anda pasti akan mendapatkan jawaban tepat. Dan bagi Anda yang suka berpetualang dengan kendaraan umum, Anda tinggal mencari angkutan umum jurusan Jogja-Prambanan yang menuju ke Prambanan, dan minta diturunkan di Selokan Mataram. Yup, Anda telah sampai di tujuan! Mudah sekali.


Harga Ayam Kalasan utuh ini pada hari biasa adalah Rp. 30.000,00 tetapi pada hari besar seperti Lebaran, harganya bisa naik sekitar Rp. 5.000,00. Tidak seperti kebanyakan masakan ayam lainnya, Ayam Kalasan dapat bertahan selama tiga hari tanpa harus dipanaskan lagi atau disimpan ke dalam lemari es. Jadi buat Anda yang melakukan perjalanan jauh, tidak perlu khawatir. Selamat mencoba!

Tidak ada komentar:

 

makanan © 2008. Design By: SkinCorner