Jumat, 07 November 2008

Adik aja Amboja Herb Garden Resto

Adik ajaAmboja Herb Garden Resto

Menikmati Rempah Lereng Merapi

Perjalanan menuju daerah Pakem yang membutuhkan waktu sekitar 30 menit dari pusat kota Yogyakarta terbayar dengan sensasi alam sejuk kawasan resto yang terletak di perkebunan tanaman herbal di lereng Merapi ini. Terlebih lagi ditambah dengan sajian hidangan dan minuman hangat berempah yang pas untuk dinikmati di udara pegunungan.

Amboja Herb Garden Resto berdiri di atas lahan perkebunan tanaman herbal seluas 4,5 ha milik CV. INDMIRA, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang riset ekosistem dan pertanian. Resto beserta kawasan ini selain merupakan sarana bagi kegiatan wisata kuliner, sekaligus merupakan media untuk memperkenalkan tanaman herbal asli Indonesia kepada masyarakat.

Tim arsitek PT. ARTERI KARYA NUSANTARA yang dipercaya mendesain kawasan dan bangunan resto ini, sengaja membuat orientasi layout miring dan saling mengapit untuk membingkai panorama kebun herbal yang membentang menyerupai busur di lerengnya. Maksudnya adalah untuk memancing keingintahuan pengunjung agar menyempatkan diri berjalan kaki ke perkebunan. Selain itu, meskipun terdiri dari dua lantai, ketinggian bangunan diarahkan memanjang, bukannya menjulang agar Gunung Merapi sebagai background-nya turut memberikan karakter pada arsitektur bangunan resto.

Bangunan resto ini terdiri dari 2 massa utama, yang pertama adalah area makan yang menjadi satu dengan open kitchen dimana pengunjung dapat melihat kegiatan masak para cook; dan area makan dua lantai yang memaksimalkan pandangan ke arah kebun tanaman herbal dan sawah yang menghampar di sekitarnya. Material utama bangunan yang digunakan adalah bambu, yang umum digunakan sebagai elemen dasar rumah pedesaan. Bambu yang dipilihpun juga tidak sembarangan, yaitu dari jenis betung dan apus yang ditebang pada bulan tertentu untuk memaksimalkan tingkat keawetannya. Konstruksi dirancang semi panggung supaya tidak merubah kontur tanah dan memaksimalkan peresapan air. Limbah batuan andesit dan batu putih yang banyak terdapat di kawasan Kaliurang juga tidak ketinggalan turut digunakan untuk mempercantik komposisi tekstur bangunan resto.

Material atapnyapun semua berasal dari bahan lokal. Blarak dan alang-alang terpaksa harus dianyam di tempat karena sulitnya mencari bahan penutup atap yang benar-benar berkualitas di pasaran. Oleh karena itu waktu pengerjaan atap relatif lebih lama dibandingkan dengan pengerjaan struktur utama bambu dua lantai.

Secara keseluruhan, arsitektur bangunan ini mempunyai citarasa fusion. Penyajian bentuk dasar bangunan pedesaan, namun dipadukan dengan detail arsitektur modern yang simpel pada pengolahan interior dan arsitektur tropis melalui shading pada sisi memanjang sebagai peredam hujan dan angin yang cukup kencang di daerah ini. Dengan pencahayaan yang maksimal pada bangunan dan jalan setapak ke lahan, perpaduan beragam detail arsitektural memberikan karakter romantis yang menonjol pada kawasan resto. Sebagai sensasinya adalah perpaduan yang pas antara permainan tekstur dan warna material yang dibiarkan alami apa adanya.

Konsep fusion ini secara konsisten diwujudkan sampai dengan cita rasa menu yang disajikan di dalamnya. Jenis makanan maupun minuman yang ditawarkan resto ini mempunyai basic makanan Indonesia, namun diolah, dimodifikasi dan disajikan secara kreatif ala resto modern. Menu andalan resto ini diantaranya Ayam Rempah Pedas, yang bumbunya dikembangkan dari resep sambal matah ala Bali, juga Pepes Nasi Amboja yang merupakan modifikasi makanan khas Sunda. Berbagai menu minuman istimewa juga tersedia di resto ini, seperti Es Rosella dan wedang Secang, semuanya berkhasiat untuk kesehatan. Tak kalah istimewanya, nasi yang disajikan di resto ini merupakan olahan beras Rojolele - varietas padi premium yang terkenal menghasilkan nasi enak- yang ditanam secara organik. Dengan segala keunggulan tersebut, jangan salah mengira bahwa resto ini hanya untuk kalangan berkocek tebal, karena menu di Amboja Herb Garden Resto ditawarkan pada rentang harga Rp. 5000,00 s.d 25.000,00 saja.

Jam buka AMBOJA RESTO:
Selasa sampai Jumat: 11.00 - 21.00 WIB
Sabtu, Minggu, dan hari libur: 08.00 - 22.00 WIB

Logo Amboja

Amboja
Jl. Kaliurang Km. 18,7 Yogyakarta
Phone: +62 274 6606904

Tidak ada komentar:

 

makanan © 2008. Design By: SkinCorner